Beberapa Game Dragon Ball Versi PlayStation

Siapa yang tidak pernah memainkan game Dragon Ball? Saya yakin semuanya pernah meskipun dalam seri yang berbeda-beda, kalaupun ada yang belum pernah itu pun sangat sedikit.

Berbicara mengenai game Dragon Ball, kali ini saya akan membahas mengenai semua seri game Dragon Ball yang berada dalam platform PlayStation. Apa saja game itu? Mari kita lihat.


1. Dragon Ball Z : Legends (1996) Playstation 1


Dragon Ball Z : Legends merupakan game Dragon Ball kedua yang dirilis untuk platform PlayStation 1, dan tahun rilisnya pun sudah lumayan lama (1996) dan lebih tepat nya dirilis oleh Bandai pada 31 Mei 1996. Dengan kata lain anak tahun 2000an mungkin sudah jarang atau pun tidak pernah memainkan game ini. Jika dilihat dari gameplaynya, grafik memiliki kualitas spirite 2-D dalam dunia 3 dimensi. Hal tersebut dapat dikatan hebat bagi game keluaran tahun 90an.




Dan jika sobat perhatikan, karakter yang terdapat dalam game Dragon Ball inipun sudah sampai Dragon Ball Z Buu Saga. Bahkan Goku dapat berubah menjadi SSJ3seperti yang dikatakan oleh judul gamenya (Dragon Ball Z). Baca Juga Hal Menarik Mengenai Dragon Ball


Jurus  yang terdapat dalam game ini pun sama dengan jurus yang ada dalam anime / manga nya,
 namun tidak 100% mirip. Mungkin sobat ada yang pernah memainkannya ?


2. Dragon Ball Z : Ultimate Battle 22 (1995) Playstation 1


 Dan yang kedua ialah Dragon Ball Z : Ultimate Battle 22 yaitu game Dragon Ball pertama yang dirilis untuk platform PlayStation. Untuk tepatnya tanggal rilisnya ialah 28 Juli 1995 di Jepang,
(kembali dirilis sebagai permainan "Hit Greatest" pada tanggal 6 Desember 1995), dirilis di Eropa pada Juni 1996, dan dirilis di Amerika Utara pada tanggal 25 Maret 2003. Dan jika sobat perhatikan gameplay pada game ini, bisa dikatakan gameplay yang diberikan lebih baik dari Dragon Ball Z Legends (Menurut pendapat saya).


 Gambar yang ditampilkan dari game ini memuat gambar animasi "Cel Animator" dengan background 3 Dimensi. Mungkin pada jaman dulu game ini banyak dimainkan, namun saya tidak tau apakah game ini ada diluncurkan di Indonesia atau tidak.


Karakter yang dimainkan dalam game ini adalah Goku, Gohan, Vegeta, Future Trunks, Cell, Android 16, Android 18, Frieza, Zarbon, Recoome, Kapten Ginyu, Dabura, Goten, Kid Trunks, Supreme Kai, Fat Buu, Super Buu, Super Saiyan Gotenks, Great Saiyaman, Krillin, Tien, dan Piccolo. Karakter yang terkunci termasuk Gogeta, Mr Satan, Master Roshi, Super Saiyan 3 Goku, dan Kid Goku.



3. Dragon Ball GT : Final Bout (1997) PlayStation 1


Ya, yang ketiga ialah Dragon Ball GT : Final Bout. Dragon Ball GT Final Bout ini adalah game pertama Dragon Ball dalam platform PlayStation yang berseri GT. Game Dragon Ball ini dirilis oleh Bandai pada tahun 1997 di Jepang, belahan dari Eropa, dan Amerika Utara. Serta diterbitkan di Eropa pada tahun 2002 dan di Amerika Utara pada tahun 2004. Pemilik saham permainan ini, melakukan perbedaan pertama pada game Dragon Ball pada serial ini yaitu diberikan gameplay 3Dimensi secara penuh. Baca juga Hal Menarik Mengenai Dragon Ball #2


Sobat dapat melihat bahwa gameplay yang disajikan lebih baik dari pendahulunya sehingga permainan akan lebih menyenangkan. Namun perlu diketahui bahwa ini adalah Seri terakhir Dragon Ball dalam platform PlayStation1.


4. Dragon Ball Z: Budokai (2002) PlayStation 2


Yosh, yang keempat ialah game Dragon Ball Z: Budokai. Ya ini adalah game Dragon Ball pertama dalam platform PlayStation 2. Setelah beberapa lama game Dragon Ball tidak dirilis, akhirnya game Dragon Ball kembali hadir dalam platform PlayStation 2. Untuk sobat-sobat pada tahun 90an mungkin banyak yang pernah memainkan seri game Dragon Ball ini.


Game Dragon Ball ini dirilis pada tanggal 2 November 2002, di Eropa dan pada tanggal 3 Desember 2002, di Amerika Utara. Ini adalah game seri pertama Budokai, dan pertama kali dirilis dibanyak negara seperti Perancis, Spanyol, Portugal dan sebagainya.



 Gameplay nya jika sobat lihat berbasis 3 Dimensi dengan genre khas nya yaitu fighting. Banyak jurus yang dapat digunakan seperti Goku Kamehameha, Galick Gun Vegeta, Death Beam Frieza, dan masih banyak lainnya.

 

Dalam Game ini kita dapat memainkan 23 karakter yang tersedia. Fitur yang disertakan dalam permainan adalah story mode, a versus mode, a tournament stage, a practice mode, dan item shop, yang memungkinkan pemain untuk membeli berbagai kemampuan kustomisasi menggunakan uang yang diperoleh melalui berbagai tantangan dalam modus cerita dan menang turnamen untuk menyesuaikan dan membuat prajurit yang paling kuat.


5. Dragon Ball Z : Budokai 2 (2003) PlayStation 2

Dan yang kelima ialah Dragon Ball Z : Budokai 2 yaitu game seri Dragon Ball yang dirilis pada tahun 2003 untuk platform PlayStation 2. Jika dilihat dari gameplay nya grafik nya sudah baik dan enak untuk dimainkan ya sobat. 

Dan untuk game Dragon Ball Z Budokai 2 ini, fitur-fitur yang terdapat didalamnya adalah tournament stage, versus mode, and an item shop. Jalan cerita yang terdapat pada game ini dikenal sebagai Dragon World, mungkin sobat ada yang pernah mendengar ? Dan juga bermain seperti papan permainan serta merakit para Z-Fighters untuk menantang berbagai musuh dalam seri mulai dari Saiyan Saga sampai ke final Kid Buu Saga. Permainan memiliki total 31 karakter yang bisa dimainkan termasuk fusions pemain yang berbeda, dan berbagai bentuk Majin Buu. Versi permainan dari Jepang ditambahkan beberapa kostum baru, serta tahap baru dalam mode cerita game.


6. Dragon Ball Z: Budokai 3 (2004) PlayStation 2


Dragon Ball Z: Budokai 3, dirilis sebagai Dragon Ball Z 3 di Jepang. Dalam game ini, jalan ceritanya memainkan timeline Dragon Ball Z, dan karakter yang terdapat diantaranya adalah karakter dari Dragon Ball Z Movie (Cooler, Broly dan Bardock), Dragon Ball GT (Super Saiyan 4 dan Omega Shenron), dan seri dari Dragon Ball itu sendiri (Kid Goku). Fitur lain yang terdapat di dalam game ini ialah versus mode, items shop, tournament, dan battle ranking stage dimana pemain harus menantang semua Z Fighters dalam 100 pertarungan. Wow sobat mungkin akan memerlukan waktu lama untuk menghabiskan nya hahaha.




Mekanika pertempuran juga telah ditingkatkan dari 2 game sebelumnya membuat permainan lebih dekat dengan rekan anime dalam hal memerangi (yang diterima dengan baik oleh fans dari seri dan para gamer). Budokai 3 memiliki daftar 42 karakter dimainkan dalam rilis terbaru dari permainan.


7. Dragon Ball Z : Sagas (2005) PlayStation 2


Dragon Ball Z: Sagas adalah video game aksi-petualangan 3D yang dikembangkan oleh Avalanche Software dan diterbitkan oleh Atari, berdasarkan anime Dragon Ball Z. Sagas memiliki gameplay-fighting berdasarkan dengan kemampuan baru mulai tersedia melalui upgrade. Ada tiga dasar gaya berkelahi: Melee, Combo, dan Ki. serangan jarak dekat sering kali cepat dan meninggalkan lawan sementara tertegun. serangan combo beberapa pukulan berturut-turut atau tendangan ke lawan yang mungkin berisi sebanyak 10 hits. serangan Ki adalah ledakan energi yang mengandalkan pengukur isi ulang untuk kekuatan. Ledakan Ki yang paling kuat adalah "Move Special" ditemukan di dalam tingkat pertama.


Ada beberapa tingkat permainan yang disediakan, Tingkat ini dibagi menjadi saga. Saga yang tersedia secara berurutan adalah: Saiyan saga, Namek saga, Frieza saga, Yardrat saga, Trunks saga, Android saga, and the Cell Games saga.

 
  
8. Dragon Ball Z: Budokai Tenkaichi (2005) PlayStation 2

 
Permainan ini sangat berbeda dari seri Budokai biasanya-jika dibandingkan; mereka menggunakan "behind-the-back" perspektif kamera orang ketiga. Juga berbeda dengan seri Budokai yang lain, jadi jika sobat belum pernah memainkan game ini sangat disarankan meskipun telah banyak game Dragon Ball terbaru yang telah dirilis.

Setiap form diperlakukan sebagai karakter tersendiri, dengan berbagai statistik, movesets dan gaya melawannya, mirip dengan Dragon Ball Z: Legendary Super Warriors, sedangkan unsurnya bebas berkeliaran mirip dengan Dragon Ball Z: Sagas.


9.Super Dragon Ball Z (2006) PlayStation 2


Ya dan yang ke sembilan ialah Super Dragon Ball Z yang dirilis pada tahun 2006 untuk platform playstation2. Dan perlu sobat ketahui, dalam permainan ini sobat dapat menggunakan 18 karakter yang telah disediakan, dan demi kenyamanan dalam bermain, efek kehancuran yang diakibatkan dalam pertarungan akan ditampilkan saat sobat memainkan game ini, serta game ini diarahkan kepada game fighting tradisional.


Dan sobat ketika memainkan game ini, sobat akan diberikan fitur-fitur permainan seperti : 
  • Original
  • Z Survivor
  • Training
  • Versus
  • Shenrong Summon (Memanggil Shen Long)
  • Customize
  • dan Setting



10. Dragon Ball Z: Budokai Tenkaichi 2 (2006) PlayStation 2


Dan yang kesepuluh ialah Dragon Ball Z: Budokai Tenkaichi 2 yang dirilis pada tahun 2006 untuk platform playstation 2.  Dan jika sobat perhatikan pada game yang sebelumnya, ini adalah seri kedua untuk game Dragon Ball Budokai Tenkaichi. Didalam game ini, sobat diberikan kesempatan untuk memainkan sebanyak 129 karakter dan 16 tahap, wow cukup banyak karakter yang disediakan, dan tentu saja sobat akan merasa puas memainkannya.



Beberapa  materi bonus dalam permainan yang ditambahkan diantaranya adalah cerita khusus seperti Zarbon dan Raditz. Dan dalam jalan cerita, materi yang diberikan kepada mereka sangatlah baik dan berbeda dengan karakter lainnya. Yang membedakan seri permainan ini dari sebelumnya ialah dalam 1 cutscene dalam terlihat 2 player dalam cutscene lainnya.


11. Dragon Ball Z: Budokai Tenkaichi 3 (2007) PlayStation 2

 Dan yang kesebelas ialah Dragon Ball Z: Budokai Tenkaichi 3, yang tepatnya dirilis pada tahun 2007. Dan ini merupakan salah satu game Dragon Ball yang paling suka saya mainkan dibanding yang lain, padahal konsepnya hampir sama seperti Budokai Tenkaichi 2, bagaimana dengan sobat?


Didalam Budokai Tenkaichi 3 ini, sobat dapat memainkan karakter sebanyak 161 karakter termasuk Great Apes. Wow karakter yang sangat banyak untuk dimainkan, hahaha. Dan dalam seri sebelumnya Great Apes tidak lah ada dan hanya dalam Tenkaichi Budokai 3 yang terdapat Great Apes. Juga, dalam fitur VS (Duel), sobat dapat memilih 5 karakter untuk digunakan dalam bertarung. Jika karakter pertama mati diganti dengan karakter kedua, begitu lah terus, dan juga dapat melakukan Fusion jika ada karakter yang dipilih dapat melakukan Fusion.



Tempat yang disediakan dalam fitur VS pun banyak, sobat dapat memilih antara siang, malam, fajar, dan lainnya. Dan juga disediakan tempat untuk bertarung diluar angkasa. Serta tempat pertarungan yang disediakan sangat lah luas sehingga sobat dapat terbang sesuka hati, tentu permainan yang menyenangkan bukan :D .


Sobat juga dapat melakukan Kamehameha atau yang lainnya bersama-sama seperti halnya di Game Naruto, kamehameha sobat akan beradu dengan yang lain. Baca juga Fakta Itachi Uchiha

12. Dragon Ball Z : Infinite World (2008) PlayStation 2


 Yang kedua belas ialah seri Dragon Ball Z : Infinite World yang dirilis pada tahun 2008. Adalah video game fighting untuk PlayStation 2 berdasarkan anime dan manga Dragon Ball. Permainan ini dikembangkan oleh Dimps dan diterbitkan di Amerika Utara oleh Atari dan di Eropa dan Jepang oleh Namco Bandai bawah label Bandai. Dalam gameplay yang digunakan, beberapa elemen permainan masih sama dengan seri Budokai, dan karakter yang dapat digunakan ialah 42 karakter.
Jalan cerita yang ada didalam game ini disebut dengan Dragon Mission, muncul dalam bentuk peta dengan beberapa misi dan tujuan yang menceritakan kembali beberapa pertempuran Goku dalam Dragon Ball Z dan Dragon Ball GT.
Skill kapsul yang dibawa dalam seri Budokai. Memungkinkan pemain dapat menyesuaikan keterampilan dan atribut yang diinginkan melalui pembelian ditoko dengan Zeni, dan kapsul bila pemain membeli kapsul yang berbeda setiap kali membeli, maka akan semakin kuat efek yang diberikan.




13. Dragon Ball Z Burst Limit (2008) PlayStation 3

Ya yang ketiga belas sekaligus game pertama Dragon Ball pada platform PlayStation 3 ialah Dragon Ball Z Burst Limit yang dirilis pada tahun 2008 untuk PlayStation 3. Dalam seri ini, sobat dapat membiarkan petarung / karakter yang sobat pilih melawan karakter komputer secara otomatis (Com Vs Com) atau pemain lain dalam mode Online ataupun Offline.

Format permainan akan dilakukan dalam bentuk 2-D. Sobat juga diberikan kemampuan untuk bermitra dengan karakter lain dalam permainan, di vena yang sama dengan yang dari Capcom dan SNK game fighting. Dalam permainan ini, sobat dapat menggunakan jurus yang kuat, namun akan sangat menguras tenaga sehingga Ki akan cepat habis. Dan susahnya lagi, sobat tidak diberikan kemampuan untuk mengisi Ki dan hanya menunggu waktu sampai Ki terisi kembali.


14. Dragon Ball : Raging Blast (2009) PlayStation 3

Yang keempat belas ialah Dragon Ball Raging Blast yang dirilis pada tahun 2009. Game Fighting 3D yang diarsir oleh Cel yang memungkinkan pemain untuk bermain sebagai karakter dalam dunia Dragon Ball. Dalam seri game ini, kita dapat memainkan seluruh cerita Dragon Ball yang ada secara asli, namun cerita akan dapat berubah tergantung pada permainan yang dimainkan. Lebih dari 100 Battle Frames dapat dipilih di setiap saat, terlepas dari kronologis yang muncul dalam seri.

Cerita mencakup dari Saga Saiyan sampai Saga Kid Buu. Battle Frames juga mencakup "apa-jika" skenario yang tidak pernah terjadi dalam seri. Pemain dapat berlatih dan mengasah kemampuan mereka di "Dojo".  

15. Dragon Ball Raging Blast 2 (2010) PlayStation 3


Dan yang kelima belas ialah Dragon Ball Raging Blast 2 yang dirilis pada tahun 2010. Permainan ini dilengkapi dengan sebuah remake dari cerita OVA Dragon Ball Z Side: Rencana untuk Membasmi Saiyans, sekarang diberi judul Dragon Ball: Rencana Pemberantasan Super Saiyans.
Seperti pandahulunya, Raging Blast menggunakan 3-D mekanik game dengan kamera bolak dari atas bahu ke sudut atas di berbagai momen.





16. Dragon Ball Z : Ultimate Tenkaichi (2011) PlayStation 3

 Yang keenam belas adalah Dragon Ball Z : Ultimate Tenkaichi yang dirilis pada tahun 2011. Game Fighting ini berbasis 3D yang memungkinkan pemain untuk mengendalikan berbagai karakter dari hak Dragon Ball Z atau diciptakan oleh pemain baik melawan Com, atau dengan pemain lain secara offline atau online.
Permainan ini pertama kali diumumkan di bawah judul sementaranya Age Dragon Ball game Proyek 2011 di awal edisi Mei majalah Weekly Shonen Jump. Pengumuman ini menampilkan beberapa screenshot dengan Goku dan Vegeta, baik dalam bentuk Saiyan normal dan Super, menyoroti mekanik permainan.




17. Dragon Ball Z : Battle Of Z (2014) PlayStation 3



Dan yang ketujuh belas ialah Dragon Ball Z : Battle Of Z yang dirilis tahun 2014. Dragon Ball Z: Battle of Z adalah tindakan role-playing game berdasarkan manga dan anime hak Dragon Ball. Ini dikembangkan oleh Artdink dan diterbitkan oleh Bandai Namco Games. game ini rilis dari film Dragon Ball Z: Battle of Gods, menampilkan penampilan video game pertama bentuk Super Saiyan God Goku serta karakter Beerus dan Whis. Dan kalau sobat menonton filmnya, Beerus ialah seorang Dewa Penghancur dimana saat ia pertama kali bertemu Goku kekuatannya sangat berbeda jauh dengan Goku, dan Goku hanya dikalahkan dengan 1 sentilan dan 1 tekanan oleh Beerus.




18. Dragon Ball Xenoverse (2015) PlayStation 3 & 4


Yang ke delapan belas ialah Dragon Ball XenoVerse yaitu versi terbaru dari Game Dragon Ball. Didalam game ini sobat dapat menemukan Permainan yang diatur hampir seluruhnya dalam sejumlah arena pertempuran 3D yang sebagian besar meniru lokasi penting dalam Dragon Ball, diakses dari hub utama - Toki-Toki City (Nama Kota di game tersebut).


Jika sobat memainkan permainan ini dari awal, sobat akan diarahkan ke scene saat melawan Frieza di Planet Namek dalam wujud Super Saiyan dan juga melawan Cell dalam Cell games. Dan grafik yang ditunjukkan pun sangat lah bagus dan gameplay yang diberikan sangat nyaman untuk dimainkan, sobat dapat melakukan kamehameha, mengisi Ki, dan sebagai nya sesuai dengan skill yang dimiliki.


Dan jika saat pertama kali sobat memainkan game ini, sobat dapat membuat karakter baru sesuka hati sobat, dan pilihan yang diberikan pun beragam, sobat dapat memilih asal/ras dari karakter sobat seperti Bumi, Saiyan, Namek, Buu, dan Frieza dan sobat dapat memilih fashion yang disediakan mulai dari warna pakaian, rambut, mata, suara dan sebagainya.

 Bagaimana? Sangat menyenangkan bukan sobat ? Dan sobat dalam permainan ini dituntun untuk melakukan sebuah misi yaitu misi untuk mengembalikan timeline (Sejarah) Dragon Ball yang telah dirusak oleh dewa Mira dan disini sobat akan dituntun oleh Trunks masa depan dalam menyelesaikan misi tersebut.


Dalam game ini sobat juga dapat memanggil Shen Long dengan mengumpulkan ketujuh Dragon Ball dan meminta dengan keinginan yang sudah diberikan seperti Uang, Skill dan lain sebagainya


Dan saya juga memainkan game ini dan ini adalah Pict nya (Pict yg udah lama) Skrg punya saya sudah dapat melakukan skill Super Saiyan :D
Hehe itu masih cupu ya kan ^_^



Oke cukup sekian postingan kali ini, dan maaf kalau artikelnya kepanjangan, karena memang banyak Game Dragon Ball yang telah dirilis. Dan game diatas pun hanya yang saya tau dan "mungkin" masih ada game Dragon Ball lainnyaa yang tidak saya ketahui. Dan mohon maaf juga bila artikel diatas tidak lengkap atau ada kesalahan apapun.


Bagi sobat yang ingin request mengenai anime yang ingin dibahas atau apapun itu dapat berkomentar dikolom yang sudah ada.

Mohon dishare artikel ini bila menurut sobat berguna :)
Terima kasih.


Comments

  1. Reme game nya hehehehe... :D

    ReplyDelete
  2. goku adalah tokoh animasi favorit saya gan keren..

    ReplyDelete
  3. banyak juga ya gan game" nya bingung mau coba yang mana, tapi yang pasti saya mainkan sesuai playsation yang saya punya :D .

    ReplyDelete
  4. gme dragon ball nya itu di ps2 semua kan.. ?

    ReplyDelete

Post a Comment