Beberapa Fakta Mengenai Rinnegan

Ya, para fans Naruto pasti tau apa itu Rinnegan. Rinnegan adalah jenis mata yang paling kuat (mulia) diantara 3 jenis mata yang ada di manga Naruto. Rinnegan ditandai dengan pola riak yang menyebar diseluruh bola mata. Begini penampakannya :

Beberapa Fakta Mengenai Rinnegan

Tanpa basa-basi sekarang saya akan membahas mengenai fakta tentang Rinnegan.

1. Dalam manga Naruto, ketika Deidara dan Sasori membawa Gaara ke tempat persembunyian Akatsuki, mata Rinnegan Pain digambarkan memiliki 1 tomoe pada 1 panel.

Rinnegan Pain
Yang pertama ialah Rinnegan yang terdapat pada Pain, pada saat Deidara dan Sasori membawa Gaara untuk disegel Juubi nya, tampak pada mata Pain Rinnegan nya tidak seperti yang kita ketahui dan warna dari matanya pun berbeda. Dan dijelaskan bahwa pada saat itu Rinnegan yang terdapat pada Pain, Rinnegan nya digambarkan tomoe dalam satu panel. Apakah sobat menyadarinya ?


2. Ada 7 Orang Yang Pernah Menggunakan Rinnegan

Beberapa Fakta Mengenai Rinnegan
Dari yang diketahui, didalam manga Naruto terdapat 7 orang tokoh yang pernah menggunakan Rinnegan. Siapa saja orang itu? Ini dia :

  • Hagoromo Ōtsutsuki

Beberapa Fakta Mengenai Rinnegan
Ya, Hagoromo Ōtsutsuki adalah seorang yang pertama kali mewujudkan Rinnegan dan diwarisi dari kekkei Mōra dari Rinne Sharingan ibunya. Jadi wajar jika dia pernah atau masih menggunakan Rinnegan. Dengan Rinnegan ia menyelamatkan dunia dari Ekor-Sepuluh (Juubi) dan menciptakan ninshū, nenek moyang ninjutsu moderen.

  • Madara Uchiha

Beberapa Fakta Mengenai Rinnegan
 Uchiha Madara ialah seorang yang juga menggunakan Rinnegan. Dan dikatakan bahwa Madara memperoleh Rinnegan pada saat ia memulihkan mata kanan nya, dan ketika itu Mangekyo Sharingan berevolusi menjadi Rinnegan. Dan juga dikatakan bahwa dengan mencampurkan sel DNA Hashirama maka akan dapat mengubah Mangekyo Sharingan ke Rinnegan. Dan perubahan itu juga terjadi disaat Madara hampir sampai pada akhir hidupnya. Dengan menggunakan Rinnegan, Madara mampu memanggil Gedo Mazo yang digunakan untuk menumbuhkan sel hidup Hashirama dan menghasilkan pasukan Zetsu Putih.
Beberapa Fakta Mengenai Rinnegan
  • Nagato

Beberapa Fakta Mengenai Rinnegan
Nagato adalah seorang pemimpin organisasi Akatsuki dari Amegakure. Setelah menjadi yatim piatu karena perang, Nagato membantu membentuk Akatsuki dengan tujuan mengakhiri perang dengan jalan kedamaian. Dan darimana Nagato memperoleh Rinnegan ?
Saat Nagato masih sangat muda, Madara diam-diam mentransplantasikan Rinnegan yang ia miliki tanpa sepengetahuan Nagato dan orang tua nya dengan harapan bahwa Nagata akan menghidupkan Madara suatu hari nanti. Keterampilan dalam menguasai banyak jutsu yang dimiliki Nagato sebagian besar akibat Rinnegannya. Namun nyatanya Nagato bukanlah pemilik mata asli tersebut, tapi Garis keturunan yang dimilikinya dengan Clan Uzumaki membuat ia mampu menguasai kedua mata tersebut tanpa kelemahan.

  • Obito Uchiha

Rinnegan Obito
Uchiha Obito juga merupakan salah satu Ninja keturunan Clan Uchiha yang pernah menggunkan Rinnegan. Obito memperoleh Rinnegan saat ia mengambilnya dari Nagato yang telah mati akibat memakai / menggunakan jutsu Gedo Rinne Tensei untuk menghidupkan kembali orang-orang Konoha yang telah mati akibat serangan Pain.
Beberapa Fakta Mengenai Rinnegan
Tapi Obito tidak semudah itu mendapatkan Rinnegan, ia harus bertarung melawan Konan karena Konan lah yang menyembunyikan mayat Nagato. Dan dalam pertarungan tersebut pun Obito hampir kalah oleh Jutsu ledakan kertas yang dimiliki oleh Konan, namun Obito menggunakan Jutsu Sharingan yaitu Izanagi yang dapat mengubah takdir dari tidak mungkin menjadi mungkin sehingga Obito dapat memenangkan pertarungan tersebut dan membunuh Konan serta mendapatkan Rinnegan milik Nagato.
Beberapa Fakta Mengenai Rinnegan



  • Sasuke Uchiha

Rinnegan Sasuke Full Power
Sasuke merupakan salah satu ninja yang hebat yang berada didalam clan Uchiha dan merupakan rival Uzumaki Naruto. Juga Sasuke memiliki Rinngenan, namun rinnegan tersebut berbeda dari yang lainnya. Sasuke memiliki hanya 1 mata rinnegan di mata kirinya dan sharingan dimata kanannya. Yang membedakannya dengan Rinnegan yang lain ialah Rinnegan Sasuke memiliki 6 tomoe sedangkan Rinnegan biasa hanya memiliki 1 buah tomoe. Sasuke mendapatkan Rinnengan tersebut dari setengah Chakra Hagoromo yang ia berikan kepada Sasuke.


  • Black Zetsu

Black Zetsu Rinnegan

Lah kok Black Zetsu yang ditampilin malah gambar Obito ? Hehe iya, soalnya ada penjelasannya dengan gambar ini tentang bagaimana Black Zetsu memperoleh Rinnegan.
Dimanga Naruto dijelaskan bahwa Black Zetsu ialah  sebuah ciptaan (ntah ninja shinobi atau apalah zetsu itu) yang diciptakan oleh Kaguya dengan tujuan membuat kebangkitannya. Dan juga, Black Zetsu berperan banyak sebagai dalang dari sejarah dunia ninja, dan ia pun bekerja secara bermitra dengan Zetsu Putih. Dan, saat terjadi perang dunia shinobi, Black Zetsu menguasai Obito dengan tujuan Obito menggunakan jutsu yang dapat dilakukan oleh Rinnegan tersebut yaitu jutsu untuk membuat Madara menjadi hidup secara penuh (Kan Madara ceritanya masih di edo tensei). Dan selanjutnya, Black Zetsu dalam membantu Madara untuk mendapatkan Rinnegan berhasil mencuri Rinnegan tersebut dari Obito dan sambil hampir sepenuhnya melepaskan diri dari Obito, dan kemudian Black Zetsu berusaha untuk memberikannya kepada Madara dengan melawan kehendak dari tubuh Obito dan akhirnya Black Zetsu berhasil menyerahkannya kepada Madara.
(Dan dapat saya katakan disini bahwa Black Zetsu hanya menggunakan/memakai Rinnegan dalam waktu yang singkat atau dapat dikatakan bahwa Black Zetsu hanya sebagai perantara dalam membawakan Rinnegan kepada Madara)



  • Momoshiki Ōtsutsuki (Dalam The Movie)

Momoshi Rinnegan
Momoshiki Otsutsuki ialah seorang dari keturunan Clan Otsutsugi, dan ia adalah pemeran toko jahat dalam Boruto The Movie. Rinnegan yang dimiliki oleh Momoshiki cukup unik dan berbeda dari pemilik Rinnegan lainnya, sebab Rinnegan yang dimiliki Momoshiki terletak pada bagian telapak tangannya dan memiliki warna merah terang sebagai warna yang melawan warna ungu. Namun setelah ia menyerap chakra yang dimiliki oleh Kinshiki, Rinnegan yang berada ditelapak tangannya berubah menjadi berwarna ungu dan muncul mata pada bagian dahinya seperti halnya Kaguya, namun Rinnegan pada dahinya berwarna ungu, sedangkan Kaguya berwarna merah.

Beberapa Fakta Mengenai Rinnegan



3. Diketahui Ada 3 Tipe Jenis Rinnegan
Dalam manga Naruto, diperhatikan bahwa jenis Rinnegan yang digunakan ada 3 buah yaitu :

  • Rinnegan Normal

Beberapa Fakta Mengenai Rinnegan
Yang pertama ialah Rinnegan Normal, ya Rinnegan normal ialah bentuk Rinnegan yang diciptakan oleh Hagoromo dengan bentuk Rinnegan biasa yang kita ketahui. Dan diketahui bahwa Rinnegan milik Hagoromo diklasifikasikan sebagai pengguna Kekkei Mora, bukan Kekkei Genkai. 

  • Rinnegan Sasuke Dalam Kekuatan Penuh

Sasuke Rinnegan
Dan yang kedua ialah Rinnegan milik Sasuke yang berada dalam kekuatan penuh dan Rinnegan tersebut ia dapatkan setelah Hagoromo memberikan setengah chakranya kepada Sasuke. Namun dikatakan juga bahwa Sasuke ialah wujud reinkarnasi dari Indra yang merupakan anak dari Hagoromo. Dan juga ketika Sasuke sekarat karena ditusuk dengan pedang oleh Madara, ia disembuhkan oleh Kabuto dengan sel milik Hashirama yang merupakan reinkarnasi dari Ashura yang merupakan anak bungsu dari Rikudou. Dan dikatakan bahwa jika kedua kekuatan tersebut menyatu, maka orang tersebut dapat memiliki kekuatan dari Rikudou, sehingga Sasuke bertemu Rikudou dibawah alam sadarnya dan saat itu lah Sasuke diberikan setengah chakranya oleh Rikudou sehingga Sasuke mendapatkan Rinnegan. Rinnegan yang dimiliki oleh Sasuke pun bentuknya menarik sebab ia memiliki 6 tomoe dimana Rinnegan yang lainnya hanya memiliki 1 tomoe. Dan Rinnegan Sasuke pun dapat berubah menjadi mata biasa layaknya Sharingan.

  • Rinnegan Awal Momoshiki

Beberapa Fakta Mengenai Rinnegan
Seperti yang saya katakan diatas, Rinnegan milik Momoshiki berwarna merah sehingga berbeda dengan Rinnegan yang ada. Dan saya tidak tau dari mana Momoshiki ini mendapatkan Rinnegannya, tapi dikatakan bahwa Momoshiki dapat terbang dan memiliki Byakugan,berbeda dengan Toneri yang dapat terbang tapi harus menggunakan Tenseigannya, dan sudah jelas bahwa meskipun Momoshiki berasal dari clan Otsutsuki, tidak menjamin bahwa ia memiliki teknik untuk terbang. Dan mungkin bisa dikatakan bahwa Momoshiki merupakan anggota tertinggi/terkuat didalam clannya, tapi siapa yang tau ?
Dan anehnya dari mana ia mendapatkan Rinnegan ? apakah mungkin ia mengambil milik Hagoromo saat ia mati dan menanamkannya ditangannya ? Dan kalau pun ia adalah anggota clan Otsutsuki, sudah pasti umunya sudah atau mungkin lebih dari 1000 tahun, tapi bagaimana ia dapat membuat hidupnya abadi ?

Dan caranya menjadi kuat pun berbeda jika dilihat dalam Boruto The Movie, sebab untuk ia menjadi kuat, ia perlu mengkonsumsi pil chakra dan menyerap kekuatan lawan sehingga menjadi kuat.

Tapi entahlah. ini hanya teori :D Hanya penciptanya yang tau.


4. Rinnegan Jika Diterjemahkan Artinya Adalah Mata Samsara.

Itachi Rinnegan

Samsara berarti, Siklus kematian dan kelahiran kembali yang hidup terikat di dunia material. Ntah apa arti dari kata-kata tersebut, yang dapat dipastikan ialah mungkin Rinnegan ada kaitannya dengan Reinkarnasi ? Atau orang yang memiliki Rinnegan hidupnya terikat oleh kekuatan dunia material?
 Ada yang tau ?


5. Pain Six Path's (Enam Jalur) Dipengaruhi Oleh Ajaran Buddha

Six Path's Pain
Six Path's (Enam Jalur) Pain adalah tektik luar yang digunakan untuk memanipulasi 6 mayat sekaligus seolah-olah mereka sendiri. Pengguna jurus ini menanamkan besi hitam (seperti yang ada ditubuh pain) yang memungkinkan mereka untuk menyalurkan atau menerima chakra mereka ke dalamnya dari jarak yang jauh. Untuk memanfaatkan sepenuhnya, tubuh pengguna idealnya mentransmisikan chakra mereka dari titik tertinggi dan sedekat mungkin sehingga mereka dapat memiliki kisaran terbaik. Setelah chakra mereka memasuki tubuh, mereka akan dikontrol penuh dari itu, yang memungkinkan mereka untuk memutuskan semua tindakannya, penggunaan jutsu, dan bahkan berbicara melalui mayat tersebut. Sebagai representasi dari kontrol ini, mata dari tubuh yang digunakan sama dengan mata yang mengontrol mereka, layaknya Pain dan Nagato dan Obito bersama para Jinchuuriki.


7.  Dalam Naruto Shippuden Episode 203, Mata Rinnegan Ditampilkan Berbeda

Hagoromo Rikudou
Ya ini adalah saat Tobi berbicara dan bercerita kepada Naruto, Kakashi, dan Yamato saat mereka dalam perjalanan menuju tempat 5 kage rapat. Namun dalam perjalanan mereka bertemu Tobi dan Tobi menceritakan mengenai Rikudou. Namun saat menceritakannya, Mata milik Rikudou ditampilkan berbeda sebab Rinnegan yang ditampilkannya berwarna Merah. 

8.  Pemilik Rinnegan Diberikan Beberapa Jutsu Yang Dapat Digunakan, Dan Ada 31 Jutsu Yang Dikenal

Setidaknya diketahui bahwa ada 31 jutsu yang dapat digunakan oleh pemilik Rinnegan. Tapi disini saya memberikan beberapa saja ya :D karena hanya itu yang saya tau. Baiklah apa saja itu ? Ini dia :

Pertama kita mulai dengan teknik yang dimiliki oleh Six Path's (Enam Jalur). Six Path's adalah nama yang diberikan untuk teknik yang unik yang dapat dilakukan oleh pemilik Rinnegan. Tapi, meski namanya hanya enam, namun sebenarnya ada tujuh jalur yang diberikan kepada pengguna sehingga kuat hampir setara dewa.
  •  Deva Path (Tendō), 
Memungkinkan penggunanya untuk menarik dan mendorong orang lain.

Deva Path
  • Asura Path (Shuradō)
Memberikan pengguna mekanik anggota badan, persenjataan dan baju besi. Dan jutsu ini juga memberikan akses ke serangan yang tidak disebutkan namanya dan Bazooka Arm.

Asura Path
  • Human Path (Ningendō)
Memberikan kemampuan untuk menghapuskan jiwa seseorang, membaca pikiran, dan sebagainya.
Human Path
  • Animal Path (Chikushōdō)

  Memberikan kemampuan kepada pengguna untuk dapat memanggil apapun (Kuchiyose)

Kuchiyose
  •  Preta Path (Gakidō)
Memberikan kemampuan kepada pengguna untuk dapat menyerap seluruh jenis Ninjutsu sehingga Ninjutsu tersebut tidak dapat melukainya

Beberapa Fakta Mengenai Rinnegan

  •  Naraka Path (Jigokudō)
Diberikan kemampuan untuk dapat memanggil Raja Neraka, dan ada 2 kemungkinan jutsu yang dapat dilakukannya yaitu Introgasi dan Restorasi (Semacam pembetulan/perbaikan) dengan menggunakan Raja Neraka.

Naraka Path

  •  Outer Path (Gedō)
Berkuasa atas kehidupan dan kematian. Pengguna jutsu Outer Path dikatakan bahwa berada diluar alam kehidupan dan kematian. Dengan jutsu ini pula Nagato membangkitkan Six Path's of Pain (Keenam Pain).

Rinnegan Gedo Mazo

Setelah ketujuh jutsu Six Path's tadi, sekarang masih ada jutsu lainnya yaitu :
  • Amenotejikara
Amenotejikara Ninjutsu ruang waktu yang dimiliki Sasuke setelah ia mendapatkan Rinnegannya. Dengan menggunakan teknik ini dengan Rinnegannya, Sasuke dapat memindahkan dirinya, orang lain atau benda apapun yang tidak terlalu jauh dari dirinya. Ia juga dapat bertukar tempat dengan objek yang ada.

  

  • Black Receivers (Besi Hitam)
 Black Receivers adalah teknik yang hanya dapat digunakan oleh pengguna Rinnegan. Mereka bertindak sebagai demodulators chakra frekuensi tinggi, yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan chakra mereka ke dalam receiver (penerima) ini. Chakra dapat ditransmisikan melintasi jarak yang luas, meskipun untuk hasil terbaik pengguna harus dekat dan pada ketinggian tinggi.
 
Black Receiver


Nagato Black Receiver












  • Chakra Edible Creation
Dengan menggunakan Rinnegan, Momoshiki mampu untuk sepenuhnya menyerap chakra sasarannya, mengubah chakra penuh nya menjadi edibles sehingga memiliki bentuk seperti buah chakra. Dan ketika dimakan akan memberikan kemampuan chakra tersebut kepada yang memakannya. Dan dengan teknik inilah Momoshiki terus mengambil chakra dan bertahan hidup abadi untuk sementara.

Momoshiki Chakra Creation

  • Indra’s Arrow (Panah Indra)
Indra's Arrow atau Panah Indra adalah teknik menyerang terkuat milik Sasuke. Setelah ia menyerap chakra ke sembilan ekor bijuu dan menggunakan Susanoo sebagai kendarannya, Sasuke menciptakan Busur dan Sebuah Panah yang diresapi oleh chakra petir (Raiton). Tembakan panah tersebut cukup kuat untuk menandingi 2 Cho Oodama RasenShuriken yang dilakukan oleh Naruto dan Kurama.
Kurama Cho oodama RasenShuriken

Indra Arror













  • Limbo: Border Jail 
Limbo Border Jail ialah salah satu teknik yang dapat dilakukan oleh Rinnegan. Madara dengan Rinnegannya menggunakan teknik ini mampu memproyeksikan bayangan dirinya tersebut dalam dunia yang tidak terlihat dan dikenal dengan nama Limbo yang umumnya tidak dapat terdeteksi dan dapat dilihat secara visual. Limbo dapat digunakan untuk menyerang atau bertahan dan juga melindungi tubuh aslinya. Teknik ini juga mampu untuk beralih tempat setiap waktu, namun Naruto dapat merasakan kehadiran bayangan tersebut dengan menggunakan Six Path's Mode Sage (Enam Jalur Sage Mode) dan sementara Sasuke dapat melihat dengan sempurna bayangan tersebut dengan Rinnegannya.

Limbo Rinnegan
  • Sasuke Uchiha’s Space–Time Dōjuts
Sasuke Uchiha’s Space–Time Dōjutsu adalah teknik Sasuke yang ia gunakan untuk melakukan perjalanan melalui dimensi yang berbeda. Dengan teknik ini, ia mampu untuk menciptakan sebuah portal spiral berwarna biru hitam dan memungkinkan Sasuke dan yang lainnya dapat masuk dengan mudah. Dengan begitu, Sasuke dapat melakukan perjalanan melalui 6 dimensi eklusif milik Kaguya dan juga dimensi milik Momoshiki.
 
Rinnegan Sasuke 
  • Six Paths Ten-Tails Coffin Seal
Six Paths Ten-Tails Coffin Seal adalah teknik yang digunakan oleh Obito dan Madara saat akan menyegel Juubi (Ekor Sepuluh) ke dalam tubuhnya, sehingga mereka menjadi jinchuuriki dari Juubi tersebut. Setelah pengguna Rinnegan melakukan teknik segel tangan yang diperlukan saat berada didekat Juubi, maka Juubi tersebut akan cepat diserap kedalam tubuh pengguna.

Beberapa Fakta Mengenai Rinnegan
Beberapa Fakta Mengenai Rinnegan 
















  • Six Red Yang Formation / Musekiyōjin (Formasi 6 Sisi Merah "Yang")
Six Red Yang Formation adalah teknik penghalang tingkat tertinggi dan hanya dapat dilakukan jika memiliki kekuatan Six Path's (Enam Jalur). Mereka yang memiliki Rinnegan mendistribusikan merek penerima hitam keberbagai tempat dan mewujudkan penghalang besar itu sendiri. Dan diketahui bahwa tidak ada siapa pun yang dapat melewati penghalang ini.

Jutsu Rinnegan



Yosh cukup sekian postingan kali ini. Itu lah beberapa fakta mengenai Rinnegan, memang mungkin masih banyak yang lainnya, namun hanya ini yang dapat saya bahas :D
Terima kasih sudah mengunjungi artikel ini, dan jika ada permintaan yang lain silahkan berkomentar dan akan saya usahakan untuk membuatnya.

Sankyuu :D


Source : Otakukart,   Narutopedia

Comments

  1. ane kira beneran ada yang pake orang manusia haha

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Memang kekuatan doujutsu paling hebat dibandingkan kekuatan doujutsu yang lainnya.

    http://www.maknyusbener.xyz/

    ReplyDelete

Post a Comment