Mengapa Sasuke Disebut Sebagai Hokage Bayangan

Sasuke Hokage Bayangan

Seperti yang kita ketahui bahwa setelah berakhirnya perang dunia ke-4 dimana ninja dari seluruh dunia bergabung berperang melawan Obito, Kabuto, serta Madara yang dilanjutkan pada kemunculan Kaguya, shinobi berhasil memenangkan peperangan. Dan setelah peperangan tersebut,tidak ada lagi peperangan yang terjadi, dengan kata lain dunia shinobi saat itu berada dalam kedamaian tanpa peperangan.

Nah kita juga tau bahwa setelah waktu panjang setelah perang tersebut, Naruto menjadi hokage dan memiliki seorang bayangan hokage. Bayangan hokage adalah istilah yang muncul pada jaman kepimpinan Naruto. Jadi pada masa jabatan Naruto saat ini, terdapat seorang bayangan Hokage yaitu Sasuke. Apa itu bayangan Hokage ? singkatnya bayangan hokage adalah orang yang melakukan tugas seorang hokage ketika hokage tersebut “tidak dapat” melakukan hal itu. Kata “tidak dapat” disini menuju pada ketidakmampuan Naruto untuk mengatasi suatu hal dikarenakan batasannya sebagai Hokage.


Sebagai contoh memata-matai lokasi musuh, Naruto sebenarnya dapat melakukan hal tersebut, namun ia adalah seorang hokage yang harus tetap di desa untuk berjaga-jaga suatu hal akan terjadi ataupun menyelesaikan tugasnya sebagai seorang hokage. Oleh karena itu dibutuhkan hokage bayangan untuk Naruto untuk mem-backup tugas-tugas yang tidak dapat dilakukan oleh Naruto sendiri. Saat Naruto tidak ada di desa, Sasuke akan mencoba melindungi desa menggantikan tugas Naruto seperti saat “Naruto: The Last” dimana Sasuke menghancurkan meteor yang akan menabrak Konoha dan Sasuke mengatakan bahwa ia lah yang akan menjaga desa saat Hokage tidak ada ditempatnya.

Untuk Desa Konoha sendiri, sebenarnya sudah ada orang yang mencerminkan tugasnya seperti seorang bayangan hokage seperti pada masa Naruto, yaitu Madara yang saat itu Hashirama menjabat sebagai hokage, dan Danzo yang saat Hiruzen menjadi hokage. Bedanya adalah saat Madara dan Danzo bekerja, mereka memiliki motif tersendiri yang dasarnya menginginkan jabatan hokage di Konoha. Dan mereka seperti telah mengambil beban yang membawa mereka ke dalam kegelapan (kebencian terhadap suatu hal karena mereka tidak menjadi hokage). Namun pada dasarnya mereka adalah orang-orang yang ingin menjaga eksistensi desa, namun dengan cara mereka sendiri.

Bayangan Hokage

Cukup berbeda terhadap Sasuke saat ini. Dan ini bisa menjadi alasan mengapa Sasuke menjadi hokage bayangan bagi Naruto. Sasuke menjadi bayangan hokage karena ia menjaga desa dari luar Konoha. Ia melakukan pencarian, pengumpulan informasi dan banyak hal yang berguna bagi Konoha. Bahkan tidak banyak orang di Konoha yang mengetahui eksistensi seorang Sasuke. Ia tidak bertindak dengan terang-terangan seperti Hokage, karena ia hanyalah seorang bayangan.

Ini juga diperkuat karena yang memang cocok menjadi seorang bayangan hokage adalah orang yang paling dipercaya oleh hokage itu sendiri dan Sasuke tidak menginginkan apapun dibalik tindakan yang dilakukannya pada Konoha. Itu pure atas keinginannya untuk Naruto dan Konoha. Kecuali untuk Danzo karena ia adalah seorang yang berasal dari angkatan Hiruzen dan orang yang memiliki visi misi “baik” untuk Konoha dimata para tetua Konoha.
Satu lagi, Jiraiya adalah orang yang cocok disebut sebagai bayangan hokage saat ia masih hidup dan Tsunade masih menjabat sebagai hokage, bayangkan saja perjuangannya mencari informasi tentang hal yang mungkin mengancam keamanan desa sampai mengorbankan nyawanya.

Dan intinya kenapa Sasuke disebut sebagai hokage bayangan adalah karena kepercayaan Naruto kepada Sasuke untuk melindungi desa dari luar dan membackup tugas seorang hokage yang tidak dapat dilakukan oleh Naruto.
Sasuke Shadow Hokage

Comments