Urutan Anime Dragon Ball


Banyak dari kita yang mungkin tertarik terhadap anime Dragon Ball seri terbaru yang dirilis baru-baru ini, seperti Dragon Ball Heroes ataupun Dragon Ball Super. Kita tertarik untuk menonton anime tersebut, namun dikarenakan Dragon Ball merupakan anime yang memiliki seri lanjutan, otomatis Dragon Ball sendiri memiliki seri sebelumnya yang harus kita tonton agar dapat mengerti jalan cerita yang ditampilkan pada seri terbaru ini. Dan masih banyak yang belum tau urutan seri Dragon Ball yang harus ditonton karena ada beberapa seri yang membawa anime Dragon Ball sampai pada saat ini. Dan untuk membantu kalian yang tidak tau, inilah urutan seri Dragon Ball yang harus kalian tonton terlebih dahulu sebelum menonton diseri yang terbarunya. 




Serial anime Dragon Ball terdiri dari beberapa narasi atau alur cerita yang berbeda, yang mengikuti karakter utama, Goku, dan teman-teman serta keluarganya saat mereka menghadapi berbagai musuh dan menyelamatkan dunia dari bahaya. Berikut ini adalah gambaran kasar dari serial anime Dragon Ball secara kronologis:

1. Dragon Ball (1986)

Seri yang pertama dari Dragon Ball adalah Dragon Ball (1986) yang memiliki episode sebanyak 153. Kemungkinan besar kalian pernah menonton seri ini, yang mana pada seri ini memiliki OST opening yang kira-kira ada lirik seperti ini "orangpun datang, dan akan kembali, kehidupan kan jadi satu" atau "bertarung lah Dragon Ball, dengan segala kemampuan yang ada". Ya kira-kira begitulah sepenggal liriknya, jika kalian pernah mendengarnya otomatis kalian tau seri mana yang dimaksud pada kali ini. Dragon Ball diseri ini bercerita mengenai awal mula Goku bertemu Bulma yang berkelana mencari Bola Dragon Ball, dan melewati banyak petualangan sampai akhirnya Goku melawan Picollo dan akhirnya menikah bersama Chi-Chi. Diseri ini, Goku belum dikenalkan bahwa ia adalah seorang bangsa Saiyan atau makhluk dari luar Bumi. Yang dibahas disini lebih mengenai asal-usul Bola Dragon Ball, sejarah dan penggunaannya.

2. Dragon Ball Z / Kai

Serial anime asli ini, juga dikenal sebagai Dragon Ball Z di beberapa negara, mengikuti Goku saat ia berlatih untuk menjadi pejuang yang kuat dan melawan berbagai penjahat, termasuk Frieza yang jahat dan pasukannya. Dalam serial ini, Goku, yang merupakan pejuang yang kuat dengan kekuatan manusia super dan kemampuan untuk berubah menjadi makhluk mirip monyet raksasa yang disebut Saiyan, berhadapan dengan berbagai musuh, termasuk Frieza yang jahat dan pasukannya, Android Cell yang kuat. , dan Buu yang jahat. Sepanjang jalan, dia berlatih dan bertarung bersama teman dan keluarganya, termasuk putranya Gohan, saingannya Vegeta, dan sesama Z Fighters. Dragon Ball Z ditayangkan di Jepang dari tahun 1989 hingga 1996 dan telah di-dubbing dan dirilis di sejumlah negara lain.

3. Dragon Ball GT

Serial spin-off ini mengikuti Goku yang lebih tua saat dia melakukan perjalanan melalui ruang angkasa dan melawan berbagai musuh, termasuk Evil Baby dan Shadow Dragon yang kuat. Serial ini diatur setelah peristiwa seri Dragon Ball Z dan menampilkan gaya dan nada seni yang berbeda dari seri sebelumnya. Itu ditayangkan di Jepang dari tahun 1996 hingga 1997 dan telah didubbing dan dirilis di sejumlah negara lain.

Dalam serial tersebut, Goku diubah menjadi seorang anak kecil atas keinginan naga jahat dan harus melakukan perjalanan melalui ruang angkasa bersama cucunya Pan dan robot Trunks untuk menemukan Bola Naga Bintang Hitam, yang dapat membalikkan keinginan tersebut. Sepanjang jalan, mereka berhadapan dengan sejumlah musuh, termasuk Evil Baby, yang memiliki tubuh Vegeta, dan Shadow Dragon, yang tercipta ketika energi negatif dari penggunaan Dragon Ball yang berlebihan menjadi terkonsentrasi.

Dragon Ball GT telah menerima tinjauan yang beragam dan umumnya dianggap kurang populer dibandingkan seri Dragon Ball dan Dragon Ball Z yang asli.

4. Dragon Ball Super

Dragon Ball Super adalah seri anime sekuel dari seri Dragon Ball Z. Ini mengikuti Goku dan teman-temannya saat mereka berhadapan dengan berbagai musuh baru, termasuk dewa kehancuran, Beerus, dan saudaranya, Champa.

Serial ini ditayangkan di Jepang dari 2015 hingga 2018 dan telah di-dubbing dan dirilis di sejumlah negara lain. Ini menampilkan animasi yang diperbarui dan sejumlah karakter baru, serta kembalinya karakter yang sudah dikenal dari seri sebelumnya.

Dalam serial tersebut, Goku dan para Z Fighter lainnya dihadapkan pada sejumlah tantangan baru, termasuk kemunculan dewa penghancur, Beerus, yang terbangun dari tidur panjang dan mengancam akan menghancurkan Bumi jika tidak dihibur. Mereka juga menghadapi Champa, dewa penghancur dari alam semesta di sebelah, dan tim petarungnya, serta sejumlah musuh kuat lainnya. Serta terdapat pertarungan yang melibatkan hampir seluruh universe untuk mempertaruhkan kehidupan universe mereka. 

Dragon Ball Super telah menerima ulasan positif dan dipuji karena adegan pertarungannya yang penuh aksi dan alur cerita yang menarik serta karakter-karakter baru yang sangat menarik seperti Hit, dan Jiren yang sangat kuat untuk dihadapi oleh Goku dan kawan-kawan.

5. Dragon Ball Super: Broly

Dragon Ball Super: Broly adalah sebuah movie dalam franchise Dragon Ball yang terjadi setelah peristiwa dari seri Dragon Ball Super. Ini mengikuti Goku dan Vegeta saat mereka berhadapan dengan prajurit yang kuat, Broly.

Dalam movie tersebut, Goku dan Vegeta bertemu dengan Broly, seorang pejuang Saiyan yang kuat yang diasingkan dari planet asalnya saat masih kecil. Broly dibesarkan dengan kebencian yang mendalam terhadap Goku dan berusaha untuk menghancurkannya, yang menyebabkan serangkaian pertempuran epik antara ketiga prajurit tersebut.

Film ini dirilis di Jepang pada tahun 2018 dan telah di-dubbing dan dirilis di sejumlah negara lain. Itu telah menerima ulasan positif dan telah dipuji karena adegan pertarungannya yang penuh aksi dan karakter yang dikembangkan dengan baik.

Dragon Ball Super: Broly dianggap sebagai bagian dari kanon Dragon Ball resmi dan sangat populer di kalangan penggemar franchise atau seri Dragon Ball, karena sebelum ini ada juga movie dengan cerita Broly yang berlatarkan Dragon Ball Z. Namun dari info yang beredar ialah bahwa movie tersebut adalah non-canon, atau bukanlah movie asli dari franchise Dragon Ball yang kemungkinan bahwa itu buatan pihak ketiga atau pihak yang tidak ada hubungan resmi dengan franchise Dragon Ball asli atau mangakanya.

6. Dragon Ball Heroes

Dragon Ball Heroes adalah serial anime spin-off berdasarkan arcade Jepang dan permainan kartu dengan nama yang sama. Serial ini menampilkan versi karakter alternatif dari seri Dragon Ball dan mengikuti mereka saat mereka bertarung melawan berbagai musuh.

Serial ini ditayangkan di Jepang dari 2018 hingga 2019 dan belum dirilis di negara lain. Itu tidak dianggap sebagai bagian dari kanon resmi Dragon Ball dan umumnya dianggap kurang populer dibandingkan serial anime utamanya.

Dalam serial tersebut, karakter utama, Trunks, dipindahkan ke dunia paralel di mana dia bertemu dengan versi alternatif dari karakter yang dikenalnya dan bekerja sama dengan mereka untuk berperang melawan sejumlah musuh. Serial ini menampilkan sejumlah adegan pertarungan penuh aksi dan memperkenalkan sejumlah karakter dan transformasi baru.

Dragon Ball Heroes tidak tersedia secara luas di luar Jepang dan tidak dikenal secara luas sebagai serial anime utama Dragon Ball. Saat ini tidak tersedia di video rumahan (perangkat video seperti VCD dll) atau platform streaming di luar Jepang.

Comments